Tuesday, March 13, 2012

10 BATU UNIK DI DUNIA

Bumi adalah salah satu planet yang paling tidak stabil di dalam sistem tata surya kita. Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, hujan dan matahari mengubah wajah planet kita sejak ribuan tahun lalu. Hebatnya ,di atas aneka kegiatan planet kita terdapat beberapa batu besar yang dapat menjaga kestabilan inersianya di antara gaya gravitasi bumi dan langit, SubahanaLLah...
Berikut ini daftar 10 Besar Daftar Batu di Dunia yang Secara Luar Biasa Berada Dalam Posisi Seimbang. Semua batu ini nyata. Tidak ada trik kamera.

1. Balanced Rock Colorado





Seperti namanya, batu ini terletak di Gordon of Gods di dekat Pike’s Peak di mata air Colorado, Colorado. Batu ini berdiri di atas jalan akses publik beraspal dan pemandangan di sekitarnya sangat indah. Mudah-mudahan, tidak terjadi gempa yang akan mengguncang dasarnya yang kecil di bawahnya.

2. Balancing Rock, Digby, Nova Scotia, Canada



Batu ini tingginya 30 kaki di Nova Scotia, Kanada. Yang membuat keseimbangan batu ini menjadi luar biasa adalah bahwa sekitar 50% dari batu ini berdiri tegak di atas udara. Jika batu ini buatan manusia, dapat Anda bayangkan betapa sulitnya menemukan perhitungan yang tepat untuk mendirikan batu raksasa ini di sisi tebing selama ratusan tahun melawan badai, hujan dan angin?

3. Idol Rock, Brimham Moor, North Yorkshire, UK



Batu Idol adalah keluarga beberapa batu raksasa yang seimbang yang menyebar di area sekitar 50 hektar di daerah Brimham Moor, North York, Inggris Raya. Batu ini beratnya sekitar 200 ton dan hanya ditopang oleh batu piramida yang lebih kecil. Hal ini sulit dipercaya dan luar biasa. Batu piramida yang kecil menerima tekanan besar dari batu Idol dan menyeimbangkan batu yang berbentuk aneh ini dengan sempurna.

Keluarga lain dari batuan Idol adalah The Sphinx, The Watchdog, The Camel, The Turtle, dan The Dancing Bear. Semua batu besar yang seimbang, aneh dan menakjubkan ini dapat ditemukan di Nidderdale Area of Outstanding Natural Beauty. Masuknya gratis.

4. El Torcal de Antequera, Andalucia, Spain



El Torcal de Antequera adalah menara batu karts dari kumpulan batu kapur horizontal yang bertumpuk. Batu ini tinggi, tua dan stabil. Setiap tahun, banyak orang yang tertarik melihatnya. Walaupun batu ini kuat dan stabil, mendaki batu ini tidak disarankan.

5. Kjeragbolten, Norway



Kjeragbolten atau Kjerag Boulder adalah batu sebesar 5 meter persegi yang terjebak di antara dua dinding raksasa gunung Kjerag. Batu ini terjebak di 1.000 meter di udara selama ribuan tahun. Aman untuk berdiri di atas batu ini. Satu-satunya hal yang perlu Anda ingat adalah jangan melihat ke bawah ketika Anda menaikinya.

6. Peyro Clabado, Sidobre, France



Peyro Clabado atau Batu Yang Dipaku terletak di Languedoc, Perancis. Batu ini berasal dari batu-batu granit yang terkikis dan formasi batuan yang ditinggalkan oleh aktivitas gunung tua selama 300 juta tahun yang membentuk barat Eropa. Salah satu batu yang seimbang ini memiliki berat 780 ton. Suatu hari, sekitar satu milenium ke depan, Peyro Clabado hanya akan berupa pasir dan sedimen. Sebelum waktu itu tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek ini.

7. Mushroom Rocks, Kansas, USA



Batu-batu ini dapat ditemukan di Mushroom Rock State Park, di wilayah Smoky Hills, Kansas. Mushroom Rock State Park luasnya hanya 5 hektar dan menyimpan batu berbentuk jamur yang seimbang yang sudah berada di wilayah ini sejak zaman Dinosaurus. Ukuran batu-batu itu berbeda-beda. Salah satunya begitu besar sehingga terlihat seperti ular yang merokok dalam kisah Alice in Wonderland.

8. Chiremba Balancing Rocks, Epworth, Zimbabwe.



Chiremba Balancing Rocks adalah batu granit khas yang besar dan seimbang yang dipengaruhi oleh cuaca, sama seperti yang ada Sidobre – Perancis. Batu-batu ini dibentuk oleh angin dan cuaca sejak jutaan tahun sebelum terlihat seperti yang kita ketahui saat ini. Chiremba Balancing Rocks terletak hanya beberapa mil ibukota Zimbabwe atau di sebelah tenggara Harare.

9. Mexican Hat Rock, Utah, USA



Dari jauh, batu ini terlihat seperti topi sombrero dari Meksiko. Mexican Hat Rock adalah satu-satunya batu seimbang yang berada di luar Monument Valley di selatan San Juan County, Utah. Batu ini tebalnya 60 kaki (20 meter) dengan tebal 12 kaki (4 meter). Batu ini merupakan batu merah yang masih terus berubah. Cepat atu lambat, batu penyeimbang di bagian bawah akan terkikis seluruhnya. Memanjat dan berdiri di atasnya akan mempercepat pengikisan batu ini.

10. The Steady Hand Of Man



Batuan yang seimbang ini merupakan hasil karya seorang seniman, Daniel Leite. Ia mendapat inspirasi dari batu-batu seimbang di seluruh dunia dan mecoba membuat dalam skala yang lebih kecil. Ia hanya mengetahui sedikit informasi mengenai seni batu seimbang dan mengaplikasikannya di batu-batu ini. Tidak diketahui apakah batu-batu ini runtuh beberapa detik setelah difoto atau tidak.

0 comments:

Post a Comment