Tuesday, March 13, 2012

MANFAAT PUNTUNG ROKOK

Para ilmuwan di China mengungkapkan mereka telah menemukan manfaat positif puntung rokok yang telah dibuang. Bahan kimia yang diambil dari filter puntung rokok bisa melindungi pipa-pipa baja agar tidak berkarat.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Masyarakat Kimia Amerika dan bila benar bisa menghasilkan prospek bagi pendanaan daur ulang puntung rokok, demikian dilasir BBC.

Sekitar 4,5 triliun puntung rokok berada di lingkungan kita setiap tahun. Puntung-puntung rokok bisa bertahan sampai 15 tahun di laut, dan filter yang mengandung bahan racun kimia bisa mematikan berbagai jenis ikan.

Sekarang para peneliti di China mengatakan mereka menemukan cara yang dapat membuat daur ulang puntung rokok menguntungkan dari sisi ekonomi.

Mereka menemukan bahwa dengan mencelupkan puntung rokok ke dalam air mereka dapat mengeluarkan sembilan jenis bahan kimia termasuk nikotin.

Bila bahan-bahan ini dioleskan ke jenis baja yang sering digunakan industri minyak, bahan-bahan kimia itu ternyata sangat efektif untuk mencegah baja itu berkarat dalam kondisi sulit sekalipun.

Selama ini industri minyak membutuhkan biaya sangat besar untuk mengganti pipa baja yang berkarat.

China sendiri tidak akan kekurangan pasokan puntung rokok untuk melakukan uji coba. Sepertiga rokok dunia dihisap di China. Bagaimana dengan angka di Indonesia?

0 comments:

Post a Comment