Sunday, April 8, 2012

GAME TERMAHAL DI DUNIA

Bermain game, bagi banyak orang adalah bagian dari ‘melarikan’ diri dari kenyataan. Dalam kepenatan, memainkan fantasi adalah keasyikan tersendiri. Tentu saja, agar bisa enjoy, permainan digital yang ada harus sempurna sekalipun butuh biaya banyak untuk mewujudkannya. Berikut 5 game termahal yang pernah dibuat di dunia:

Game ini adalah permainan tembak-menembak orang yang merupakan kelanjutan game sebelumnya, Half Life. Permainan ini dikembangkan Valve Corporation. Awalnya, game ini tersedia untuk computer berbasis Microsoft Windows dan kemudian dikembangkan game konsol lain seperti Xbox dan PlayStation dengan total biaya US$50juta.
Dana yang dikeluarkan dalam Final Fantasy, dari awal game ini pada tahun 2003 hingga serial terakhir, nilainya sangat fantastis. Sebanyak US$48 juta dikeluarkan dalam menciptakan permainan ini. Dengan dana sebesar itu, maka Final Fantasy memiliki berbagai seri namun tokoh dan cerita di setiap serinya berbeda-beda.
Meski tak pernah diekspos resmi oleh pihak pengembang, dan sulit diperoleh info validnya, namun banyak yang menduga bahwa dana yang dikeluarkan untuk peperangan Helghan dalam Killzone 2 ini menghabiskan US$ 45 juta atau Rp405 miliar.

Animasi yang digunakan dalam permainan ini mengingatkan maniak game dengan The Sims. Peranti lunak yang digunakan dalam game ini membuat semuanya terasa nyata. This is Vegas dibuat dengan bujet berkisar US$40 – 50 juta atau sekitar Rp360 miliar. Meski mahal, pembuatnya tetap etis, karena sejumlah adegan disamarkan seperti bagian tubuh wanita pada game ini.
Permainan ini dirilis ulang tahun ini dengan kejutan adanya permainan dalam bentuk tiga dimensi. Karena itu, George Broussard sebagai pimpinan 3D Realms, pengembang Duke Nukem Forever, harus merogoh dana tak sedikit. Diperkirakan, dia habis US$20 juta hingga 30 juta atau Rp180 miliar guna mematenkan hak cipta dan judul permainan ini. (**)

0 comments:

Post a Comment