Sunday, April 8, 2012

KETELA POHON RAKSASA

Awalnya hendak menebang pohon singkong yang tumbuh di halaman rumah. Tak disangka pohon itu berbuah singkong berukuran hampir 1 meter. Warga di Dusun Mandingan, Desa Ringinharjo, Bantul, Yogyakarta pun terkejut dengan buah ketela pohon raksasa itu. Panjang buah mencapai mulai 75 hingga 90 centimeter.



Sang pemilik, Wakijan (51), menyatakan dirinya tidak menyangka ketela pohon yang ditanam 3 tahun lalu oleh istrinya, Sutarmi (49), menghasilkan buah raksasa. Tak hanya besar, ketela yang dihasilkan juga cukup banyak yaitu mencapai 12 dengan ukuran raksasa pula.

Singkong raksasa ini terungkap lantaran keluarga Wakijan akan menggelar pesta penikahan anaknya. Karena pohon singkong yang ditanam di halaman depan rumah itu akan digunakan memasang tenda, maka terpaksa dipotong.

“Saya heran juga karena batang pohon hanya sebesar lengan orang anak usia 17 tahun, namun buahnya sangat besar,” terangnya.

Lebih lanjut Wakijan menyatakan dari 12 ketela itu ada dua buah yang telah dimasak untuk dikonsumsi sekeluarga, namun tidak habis.

Meski demikian Sutarmi menyatakan, buah yang total beratanya mencapai lebih dari 100 kilogram tidak akan dijual. Sebaliknya akan dipamerkan kepada para tamu saat hajatan berlangsung.

0 comments:

Post a Comment