Tuesday, April 3, 2012

TIPS MEMBANTU SI KECIL BELAJAR


Ujian biasanya menjadi mimpi buruk bagi si kecil. Mereka sering kali merasa tertekan karena tuntunan nilai yang harus baik. Membebani anak seperti itu bukanlah cara yang baik untuk mendukungnya. Bantulah si kecil saat mengahadapi ujian sekolahnya. Dukungan dan bantuan Anda akan meningkatkan moralnya sehingga lebih bersemangat untuk menghadapi ujian. Berikut 7 Tips Membantu si Kecil Belajar, yaitu :

1. Persiapkan ruang belajarnya. Bersihkan mejanya hingga terlihat lega sehingga si kecil lebih siap untuk memulai pelajarannya.

2. Hindari belajar terlalu larut. Hal ini kurang efektif karena biasanya materi yang dipelajari hilang begitu saja ketika ia bangun tidur. Hal ini dikarenakan si kecil sudah tidak bisa berkonsentrasi ketika belajar terlalu larut.

3. Tidak perlu mengontrolnya semalaman. Berikan ia ruang agar tidak terlalu tertekan. Hal ini juga baik untuk mengajarinya untuk bisa lebih mandiri.

4. Daripada hanya memperhatikan ia belajar, sebaiknya membantunya belajar. Misalnya saja membantunya ia menghafal atau menghitung penjumlahan dalam matematika. Gunakan metode yang lebih 'kids friendly' agar ia lebih mudah menguasai materi.

5. Jangan larang si kecil belajar sambil mendengarkan musik. Sebagian anak lebih mudah berkonsentrasi jika diiringi dengan mausik favoritnya.

6. Berikanlah ia istirahat selama 10 menit setiap 90 menit belajar. Hal ini baik baginya untuk menyegarkan pikiran dan membuatnya lebih rileks sejenak.

7. Jangan lupa memberikan makanan yang sehat agar otaknya ternutrisi dengan baik. Ikan yang kaya omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak.

0 comments:

Post a Comment